Kamis, 10 Juni 2010

Tips memilih bisnis Affiliasi

Menjalankan bisnis affiliasi bisa terbilang gampang-gampang susah. Kesalahan didalam memilih program affiliasi akan merugikan anda sebagai reseller. Selain rugi dana untuk pengembangan bisnis affiliasi anda, anda juga rugi waktu untuk kegiatan promosi bisnis ini.

Berikut ini ada beberapa tips yang saya kumpulkan dari berbagai sumber seperti buku cetak, ebook maupun dari artikel di internet agar anda tidak terjebak di bisnis affiliasi yang merugikan:

1. Mengetahui dengan detil perusahaan/pemilik produk yang menyelenggarakan program affiliate tersebut. Anda bisa cek kredibilitasnya dengan cara googling (mencari data di mesin pencari google) dengan mengetik kata seperti ‘nama pemilik program/perusahaan’, nama pemilik program/perusahaan penipu’, atau ,nama pemilik program/perusahaan scam’.

2. Pilih produk yang bermutu, bertahan dalam jangka waktu lama dan banyak dibutuhkan orang. Hal ini bisa anda lakukan dengan survey ke mesin pencari dengan kata ‘review produk affiliate’. Baca juga testimoni yang tertera pada website mengenai produk tersebut. Bila perlu lakukan survey terhadap pemberi testimoni tersebut.

3. Pilih program yang memberikan sistem konpensasi/komisi affiliate yang besar. Pilih yang memberi komisi minimal 30%. Semakin tinggi komisi semakin baik. Karena ini menentukan penghasilan anda. Bahkan saya pernah menemukan bisnis affiliasi yang membagikan komisi hingga 50% , bisa anda lihat disini

4. Pilih situs yang memiliki sistem otomatis, dan memungkinkan anda mengetahui hasil kerja anda sebagai affiliate.

5. Bila memungkinkan, pilih situs yang memiliki produk unik yang belum banyak di jual dan juga memiliki lebih dari satu produk, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan berantai apabila konsumen membeli lagi produk yang lain.

6. Pilih situs yang sistem supportnya aktif. Anda bisa mencoba menghubungi tim supportnya baik melalui email, messenger juga telpon, untuk menilai apakah kinerja dibalik situs ini memuaskan atau tidak.

7. Pilih situs yang memiliki data cookies atau sistem lock visitor, sehingga anda tidak kehilangan calon konsumen anda.

Ke 7 point di atas dapat anda gunakan sebagai panduan memilih program affiliate yang akan menjadi kendaraan bisnis anda dalam meraih penghasilan di bisnis affiliate ini. Semoga bermanfaat.

Salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar